dinamika organisasi


dinamika dalam organisasi itu sangat bagus terutama untuk perkembangan organisasi itu sendiri, makin besar dinamika (terutama dari pihak luar) maka akan semakin kuat keutuhan internal organisasi tersebut.
dinamika dalam organisasi disini saya temukan di himpunan.

himpunan kimia unpad, dinamika ini lebih sering ditemukan terutama ketika ‘berurusan’ dengan yang namanya ‘Alumni’. entah kenapa ya, alhamdulillah sekali para alumni kita ini bener2 masih banyaaak banget yang peduli sama himpunan, harus berterimakasih kepada kakak-kakak alumni yang telah mendidik mabim mereka dengan baik. sehingga masih peduli sama adik-adiknya sampai sekarang. dinamika yang bersinggungan dengan para alumni ini sangat kuat, apalagi sama adik-adik pengurus, kalo ada urusan apa2 pasti langsung manggil “mana nih pengurusnyaaa” *kesian* >. <

hari ini saya baca di grup lagi rame bahas makrab. ributnya ampe tumpeh tumpeh gegara di ganti jadi HARI KEAKRABAN.. ada yang salah dengan siang hari?.

lucunnya,selalu diributkan karena penentuan waktu, siang atau malam. ga makrab ga mabim. sama aja,pembahasannya antara siang atau malam.saya masih inget jawaban yang saya dapatkan dari kakak-kakak saya ini, ketika pada saat mabim pelantikan ada pertanyaan :

kenapa pelantikan harus malam ?  jawabannya “karena malam lebih berkesan”

@.@

berkesan karena ada bulan dan bintang. kali.

jujur aja, 4 tahun di kimia ngadain kimseh dan makrab, kaga pernah dateng makrabnya. yah, prinsip. saya ga suka keluar malem, nongkrong nonton sama temen2, atau ada mungkin yang diem dipojok ngerokok/pacaran. kalo saya ada ditempat itu. bukan saya.

saya harap lebih terbuka pemikirannya untuk alasan2 kenapa harus malem dsb, coba pikirkan pihak atau kalangan lain juga yang ga bisa dateng trus ujungujungnya dicap “ANEH” sama orang2 gegara ga dateng. #okesip.
intinya, mas mba… maaf saya ga pernah ngerti kenapa kalian selalu ingin acara tersebut diadakan malam hari.. (dan tolong dengan alasan yang jelas, masa pas pelantikan bilangnya : “alumni ga ada yang bisa dateng siang” saya : ALUMNI YANG MANA YAAA? *greget).
kemudian, setau saya ya, selama tidak melanggar AD/ART dan masih tetep dapet esensi dari penyelenggaraan acara tersebut, its fine.. ga ada masalah.. kita ingin himpunan maju dengan mencoba hal yang baru, tidak menutup kemungkinan acara diganti jadi siang hari kalau hal itu menyebabkan jadi banyak yang dateng dan lebih baik dari sebelumnya.
terus ya, dimana2 esensi itu datang bersamaan dengan konsep kegiatan.. jadi gini kalo antum semua para alumni ingin mengedepankan esensi : esensi (tujuan kegiatan) —-> konsep acara —-> teknis lapangan
nah, saya bingung duluuu waktu disuruh ngonsep ya kebanyakan ‘mereka’ itu nyuruh kita ngonsep dulu baru deh ditanya “apa esensi dari konsep ini? “, baaaah ko kebalik2…. yah kalo kita udah punya tujuan/esensi bebas kita mau ngonsep kaya gimana dan teknisnya seperti apa ( asalkan tidak melanggar AD/ART). yang penting esensinya masih ada, ketara, kaga ilang.

balik lagi, pasti ‘mereka’ itu langsung mempertahankan TRADISI.. jawabannya pasti.. ” kan kalo DULU angkatan kita seperti ini karena seperti ini bla bla..” sampai akhirnya kita secara tidak sadar ‘dipaksa’ mengikuti tradisi mereka.
“kami peduli sama himpunan”

punten, yah kalo peduli mah atuh jangan mikirin pendapat sendiri atuh, liat keadaan para pengurus, adik2nya seperti apa, lingkungan kimia udah seperti apa, kondisi birokrasi kaya gimana.. kita dukung apapun keputusan panitia yang menjalankan, yang memudahkan mereka, bukan malah mempersulit dengan alasan TRADISI. mempertahankan dari tahun ke tahun.

menurut saya tradisi ‘baik’ boleh diubah ga? boleh banget ! ubah menjadi lebih baik untuk kondisi semua orang pastinya.
dalam organisasi kita bebas merubah apapun menjadi sesuai kondisi kita. untuk kita dan himpunan yang lebih baik. karena kita sendiri yang membuat dan menjalani, jadi cocokan saja dengan orang-orang yang berada dalam lingkup organisasi tersebut.

*beda ya kalo tentang agama, kalo ngubah2 seenaknya sendiri itu baru ga boleh, karena yang menciptakan kita Allah jadi kita harus ikut aturanNya Allah karena Allah yang paling tau yang terbaik yang harus kita patuhi dan jalani..

jadi brutal di blog sendiri, karena kalo komen di grup pasti ga sopan, paling juga di keplak ama orang2 -_- #WANITACEMEN
bae ahh…
hahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s