Jangka panjang


namanya andi, terkenal dengan sebutan ‘si pembawa botol’ di komplek ini. kegiatan yang selalu ia lakukan selama bertahun-tahun ini adalah tak bisa lepas dari membawa botol minuman beralkohol kemudian berkeliling komplek, dan tentu saja, sering sekali melewati mesjid. orang hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala ketika berpapasan dengannya.

dalam prolog cerita ini. barangkali yang kita pikirkan pada umumnya adalah “itu orang udah mentok dosanya,ga ketolong, suul khatimah ini mah”

mudah putus asa. ya. barangkali begitu mental muslim saat ini.

namun, tak berarti yang harus kita lakukan pada saat itu adalah menyeretnya masuk ke dalam mesjid, menyiramnya dengan air wudhu dan menyuruhnya solat taubat. *bisa2 tu botol kena kepala kita*

ingatlah bahwa, seburuk apapun akhlak seseorang. jangan pernah ber putus asa terhadapnya. dia pasti bisa berubah. yakini hal tersebut. Allah saja selalu memberikan kesempatan dan maaf, mengapa kita yang harus ber-putus asa terlebih dahulu?

suatu saat ketika andi melewati mesjid lagi dengan setengah sadar, seorang ustad menghampirinya dan bertanya namanya, kemudian bergumam “ku doa’kan semoga engkau menjadi ahli mesjid ini, dan meneruskan dakwah kami”

nah, inilah dakwah jangka panjang.
cara yang paling efektif adalah dengan mendoa’kan.

teringat doa’ nabi ibrahim as yang meminta seorang rasul dari keturunannya untuk berdakwah di kalangannya sendiri. doa’ ibrahim as terkabul. ratusan tahun kemudian, Muhammad saw lahir, tapi tak hanya berdakwah di kalangannya sendiri namun melewati jazirah arab dan menguasai 3 benua.

parameter kesuksesan sebuah doa’ bukan dilihat dari jangka waktu terkabulnya doa’ tersebut. namun, Allah pasti mengabulkan doa’ kita dan memberikan yang terbaik.

begitu pula doa’ sang ustad. terkabul. kini andi masih membawa botol minuman dan berkeliling komplek, ya. botol galon minuman air mineral. karena iasekarang bekerja sebagai ‘pengantar air minum’ dan tentu saja ia sudah bertaubat dan menjadi ahli mesjid.

nah, jika ada di sekitar kita, orang2 yang berakhlak buruk yang mudah sekali kita berputus asa pada saat melihatnya. mari kita doa’kan !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s