Janganlah kalian khawatir~ tafsir surat thahaa


surat thahaa. ada yang tau artinya thahaa? ayat pertama pada surat thahaa?

tidak ada yang tahu kecuali Allah saja, walaupun al-qur’an berasal dari bahasa arab, namun tetap saja manusia pengetahuannya terbatas. Allah memberi isyarat tentang ‘ketidaktahuan’nya manusia pada beberapa ayat dalam al-qur’an. manusia masih jauh dari ilmu. Allah yang Maha berilmu dan Maha Mengetahui semuanya.

manusia terlahir dalam keadaan yang tidak mengetahui apapun. namun kemudian ia belajar untuk bergerak dari ketidaktahuan menjadi tahu.

dijelaskan dalam quran surat thahaa ayat 10 kisah nabi musa as.

nabiyullah musa as. setelah mengabdi selama 10 tahun ditempat mertuanya. kemudian memutuskan untuk berpindah tempat. saat perjalanan nabi musa as. melihat sumber cahaya seperti api , lalu berkata pada keluarganya “tunggulah disini,mudah-mudahan aku dapata mengambil sebagian untuk kalian atau aku akan mendapat petunjuk”. kemudian nabi musa as. memperhatikan, mendekati dan menjadi lebih dekat lagi dengan sumber cahaya atau api tersebut. “ataha” —> perlahan mendekati.

apakah sumber cahaya itu ?

Alqur’an. 

kita sudah mengetahui bahawa Al-quran itu merupakan petunjuk bag orang beriman. namun seberapa dekatkan kita dengan al-qur’an? apaka kita membacanya setiap hari? apakah kita punya cita-cita menghafalkannya 30 juz dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari?

tafsir QS al anfal :23 “sekiranya Allah mengetahui dalam diri mereka terdapat kebaikan, Allah akan memberi mereka jiwa yang lembut (sensitif)” 

jiwa (penuhi jiwa kita dengan input yang baik) ——-> keinginan —-> melakukan

bagaimana proses nabi musa as. mendekati sumber cahaya dengan perlahan. berasal dari keinginan, keingintahuan dan kemudian perlahan mendatanginya / dilakukan. pada tafsir ayat ini , artinya adalah kita harus berusaha mengakrabkan diri dengan al-quran dan mengambil sebagian hikmah untuk keluarga kita (keluarga yang paling utama). dan hal itu dilakukan dengan perlahan tapi semakin bertingkat. misalnya tadinya ngaji se-juz perhari, naikin jadi 2 juz perhari, terus ditambah hafalannya setiap hari. al-qur’an merupakan sumber ilmu yang di ibaratkan sebagai lautan yang tak pernah bertepi.

interaksi dengan al-qur’an itu bagian dari secercah kecil cahayanya saja  kita akan mendapatkan pertolongan dan pentunjuk dari Allah untuk berbagi permasalahan .ketika nabi musa sudah dekat dengan sumber cahaya itu, kemudian Allah memangilnya “wahai musa!”

kemudian contoh dari kedekatan nabi musa dengan Allah juga terdapat dalam surat thaha ayat 18 : nabi musa selalu ‘mencurhatkan’ semua permasalahannya dengan Allah tidak terkecuali urusan tentang tongkatnya yang menjadi mukjizat nabi musa as.

sebenarnya, ketika kita sedang bersama dengan Al-qur’an, Allah sedang mengobrol dengan kita, sehingga Al-qur’an itu menjadi sesuatu yang hidup dan menghidupkan jiwa kita. dekat dengan al-qur’an juga merupakan upaya untuk membersikan jiwa  dan diri dari dosa juga penyakit hati. ketika seseorang berlama-lama dengan qiyamul lailnya (sholat malam) sejam-duajam-tigajam.  apa yang ia baca ? bukankan al-qur’an, kualitas shalat nya semakin baik karena semakin dekat dengan al-qur’an , semakin dekat pula-lah dengan Allah.

semakin dekat dengan Allah, tentu saja ujian yang dialami pun aka semakin berat bahkan seperti kisahnya nabi musa as. gambaran permasalahan hidup yang berat adalah seaka-akan mentok. sudah tidak ada jalan lain. bagaikan di depannya ada laut dan dibelakangnya ada pasukan fir’aun. tapi ?? apa kata Allah. mudah bagi Allah untuk menjadikan tongkat nabi musa as. membelah lautan. janganlah khawatir selalu ada jalan jika kita bersama dengan Allah🙂

-jalasah ruhiyah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s